Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fingerstyle Tehnik Perkusi (bas drum)

Tehnik perkusi gitar atau tehnik perkusi fingerstyle gitar ( bas drum ) yang dibahas kali ini. Tujuan tehnik ini untuk membuat suara bas drum dengan menggunakan pukulan pada bagian bodi gitar.

Tehnik ini dimainkan dengan cara memukul gitar bagian atas dengan telapak tangan dekat pergelangan atau pakai pergelangan tangan. Bagusnya disesuaikan dengan kebutuhan musik yang akan dimainkan. Contohnya untuk beat dangdut jika menggunakan pergelangan tangan akan agak sulit. Namun jika menggunakan telapak tangan akan lebih mudah. Sebaliknya untuk beat musik pop akan lebih nyaman jika menggunakan pergelangan tangan. Oleh sebab itu cari yang paling nyaman posisinya.

Selanjutnya lihat notasi bas drum di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi bas drum


Pukulan perkusi bas drum umumnya berada pada pukulan ganjil (ketukan ke-1 dan ke-3) maka pukulan ini bisa bersamaan dengan bas gitar. Sekarang coba mainkan notasi di bawah ini dengan menggunakan ketukan ke 1 dan ke-3.


gambar ketukan perkusi bas drum pada tab


Jika anda ingin mendengar notasi di atas silakan klik video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Mungkin bermain tehnik ini ada dampaknya pada gitar, misalnya gitar menjadi kurang bagus suaranya atau dampak lainnya. Namun banyak orang yang bermain tehnik ini. Harusnya ada gitar khusus untuk fingerstyle gitar.

2 komentar untuk "Fingerstyle Tehnik Perkusi (bas drum)"

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.