Fingerstyle Tehnik Perkusi (bas drum)

Tehnik perkusi gitar atau tehnik perkusi fingerstyle gitar ( bas drum ) yang dibahas kali ini. Tujuan tehnik ini untuk membuat suara bas drum dengan menggunakan pukulan pada bagian bodi gitar.

Tehnik ini dimainkan dengan cara memukul gitar bagian atas dengan telapak tangan dekat pergelangan atau pakai pergelangan tangan. Tehnik ini cukup mudah untuk dimainkan.
Sebagai gambaran lihat video di bawah ini, pukulan perkusi pengganti bas drum dalam ketukan genap, menggunakan telapak tangan dekat pergelangan.


Untuk tehnik ini, anda bisa menggunakan telapak tangan dekat pergelangan atau pakai pergelangan tangan, disesuaikan dengan kebutuhan variasi dan musik yang akan dimainkan. Contohnya untuk beat dangdut jika menggunakan pergelangan tangan akan agak sulit. Namun jika menggunakan telapak tangan akan lebih mudah. Sebaliknya untuk beat musik pop akan lebih nyaman jika menggunakan pergelangan tangan. Oleh sebab itu cari yang paling nyaman posisinya.

Selanjutnya lihat notasi bas drum di bawah ini.



Klik gambar untuk memperbesar.
Tanda sukatnya adalah 4/4, maka setiap bar memiliki 4 ketuk. Angka 1 dan 3 sebagai ketukan ganjil dan angka 2 dan 4 sebagai ketukan genap.

Jika pukulan perkusi ini berada pada ketukan genap, cara berlatihnya tinggal lihat postingan tentang Fingerstyle Ketukan Perkusi Snare Drum  dan Fingerstyle Tehnik Perkusi Senar Gitar - caranya sama. Jadi anda tinggal berlatih pakai notasi yang ada pada kedua judul itu. Perlu anda tahu bahwa beberapa jenis musik yang memungkinkan pakai bas drum ketukan genap adalah musik reggae, dangdut dan disco. Mungkin masih ada lagi jenis musik yang bas drumnya jatuh pada ketukan genap.

Jika pukulan perkusi ini berada pada pukulan ganjil (ketukan ke-1 dan ke-3) maka pukulan ini bisa bersamaan dengan bas gitar.  Sekarang coba mainkan notasi di bawah ini dengan menggunakan ketukan ke 1 dan ke-3.





Jika anda ingin mendengar notasi di atas silakan klik video di bawah ini.




Semoga anda mengerti.





NB:
Mungkin bermain tehnik ini ada dampaknya pada gitar, misalnya gitar menjadi kurang bagus suaranya atau dampak lainnya. Namun banyak orang yang bermain tehnik ini. Harusnya ada gitar khusus untuk fingerstyle gitar. 

2 Komentar untuk "Fingerstyle Tehnik Perkusi (bas drum)"

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel