Fingerstyle Tehnik Perkusi (senar gitar)

Tehnik perkusi gitar atau tehnik perkusi fingerstyle gitar yang dibahas kali ini. Lebih tepatnya  tehnik perkusi menggunakan  ketukan jari ke  senar gitar.  Tujuannya agar suara senar gitar itu terdengar seperti snare drum.

Caranya mengetuk senar dengan jari. Posisi jarinya, telunjuk  senar 3, jari tengah senar 2,  jari manis senar 1 dan ibu jari senar 5 atau 6. Keempat jari ini bersamaan mengetuk senar. Kalau pakai gitar akustik-elektrik akan terdengar suara perkusi. Tehnik ini sering dipakai oleh gitaris fingerstyle, karena tehnik ini  mudah dimainkan. 

Sebagai gambaran lihat contoh video di bawah ini.



Setelah anda tahu cara mengetuknya, lihat notasi di bawah ini untuk berlatih.
  



Klik gambar untuk memperbesar
Coba anda mainkan notasi di atas, notasi yang ada huruf k di atas jangan dibunyikan, tapi diketuk oleh 3 jari bersamaan dengan ibu jari mengetuk senar 5 atau 6. Nilai not ketukan itu tidak harus 1 ketuk, disesuaikan dengan musiknya. Jika anda ingin dengar notasi di atas, silakan klik video di bawah ini.




Jika sudah bisa ketukan di atas, coba anda mainkan not di bawah ini disertai ketukan senar. Anda boleh gunakan petikan sendiri,  yang penting ketukan senarnya harus berada pada ketukan genap.



Di bawah ini adalah video notasi di atas.



Selain cara di atas, ada juga cara lain yaitu menggunakan ibu jari bagian pinggir dipukulkan ke senar bas gitar. Cara ini seringkali dipakai dan mungkin ini lebih baik saat divariasikan dengan tehnik perkusi bas drum. 

Semoga anda mengerti dan bisa.


Artikel terkait :

Fingerstyle Tehnik Perkusi ( snare drum )

Fingerstyle Tehnik Perkusi ( Bas Drum )





NB:
Selain tehnik di atas, seringkali orang bermain menggunakan ibu jari saja. Dengan kata lain bisa hanya ketukan ibu jari  atau bisa dengan menggunakan beberapa jari.




Belum ada Komentar untuk "Fingerstyle Tehnik Perkusi (senar gitar)"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel