Fingerstyle Tehnik Perkusi (snare drum)

Tehnik perkusi gitar atau tehnik perkusi fingerstyle gitar yang dibahas kali ini. Lebih tepatnya  tehnik perkusi pengganti snare drum. Belum ada istilah resmi untuk tehnik ini.

Tehnik perkusi pengganti snare drum ini dimainkan dengan cara mengetukkan ibu jari ( jempol ) ke bagian pinggir ke badan gitar. Tujuan dari ketukan ini untuk memberi  beat  sebagai pengganti snare drum. Untuk posisi ketukannya, lihat gambar gitar di bawah ini.





Tempat ketukan di atas adalah tempat yang paling bagus untuk memainkan ketukan perkusi. Sementara tempat ketukan yang di bawah senar kurang bagus.
Dalam memainkan ketukan perkusi ini yang perlu diperhatikan adalah posisi jari. Usahakan semua jari tangan kanan  ( bukan kidal ) dalam keadaan nyaman. Maksudnya dalam keadaan mudah memetik atau membunyikan senar. Sebagai gambaran saya tampilkan contoh di bawah ini.



Cara melakukan tehnik perkusi pengganti snare drum ini ada 2 jenis. Ketukan langsung ke samping dan ketukan seperti memetik gitar bas. Bedanya ketukan seperti memetik gitar bas kurang mantap tapi bagus untuk posisi jari-jari yang lain. Sementara ketukan langsung ke samping suaranya mantap tapi merubah sedikit posisi jari-jari menjadi kurang strategis. Mungkin kalau yang jarinya panjang atau telapak tangannya lebar, tidak masalah. Bagi yang jarinya pendek-pendek mungkin akan menjadi masalah. Tapi jangan kuatir sebab kalau sering dilatih nanti akan terbiasa.

Untuk latihan, coba anda mainkan Tab gitar di bawah ini.



Tab di atas temponya  60 BMP ( Beat Per Minutes )  artinya ada 60 ketuk dalam 1 menit. Dalam 1 bar ada 4 ketuk karena tanda sukatnya  4/4. Dalam setiap  bar ada 8 not, artinya setiap not bernilai 1/2 ketuk atau 1/2 detik. Jika tidak punya metronom, gunakan jarum panjang jam dinding sebagai penuntun. Caranya lihat postingan cara membaca notasi ( di samping kiri ).

Gunakan jari telunjuk untuk senar ke-3, jari tengah  senar ke-2 dan jari manis untuk senar ke-1.

Setelah anda bisa memainkan notasi di atas, coba mainkan lagi dengan cara membunyikan not ketukan genap  bersamaan dengan mengetuk gitar pakai ibu jari (jempol) sebagai tehnik perkusi (pengganti snare drum). Dengan kata lain pada ketukan genap membunyikan not bersamaan dengan mengetuk gitar bagian atas.
Not yang berada pada ketukan genap adalah,
Akor  C senar ke-1 senar lepas ( angka 0 )
Akor Am senar  ke-1 senar lepas ( angka 0 )
Akor Dm senar ke-1 fret ke-1
Akor G senar ke-1 fret ke-3

Jika anda sudah bisa memainkan dengan tehnik perkusi di atas, coba rubah petikannya. Misalnya anda mengetuk bersamaan dengan membunyikan senar ke-2 pada ketukan genap, setelah itu  senar ke-3. Variasi petikannya terserah anda. Jadi anda bikin sendiri petikannya.
Tujuannya agar jari anda terbiasa  untuk mengetuk dan membunyikan senar.  Singkatnya anda harus sampai  bisa  melakukan ketukan ini tanpa harus berpikir (otomatis). Dalam musik itu ada istilah Bisa Karena Biasa.

Jika anda ingin dengar contoh petikan tanpa ketukan di atas, silakan klik video di bawah ini.



Selanjutnya petikan dengan ketukan.



Kesimpulannya bahwa ketukan pada badan gitar jatuh pada ketukan genap, dimaksudkan untuk menggantikan snare drum. Biasanya snare drum berada pada ketukan genap (dalam birama 4/4). Tapi untuk musik/lagu tertentu tidak selalu jatuh pada ketukan genap.
Semoga anda mengerti.



NB:

Latihan di atas adalah latihan dasar.  Pegang akornya dengan lengkap. 

Belum ada Komentar untuk "Fingerstyle Tehnik Perkusi (snare drum)"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel