Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fingerstyle Tehnik Perkusi (snare drum)

Tehnik perkusi gitar atau tehnik perkusi fingerstyle gitar yang dibahas kali ini. Lebih tepatnya tehnik perkusi pengganti snare drum. Belum ada istilah resmi untuk tehnik ini.

Tehnik perkusi pengganti snare drum ini dimainkan dengan cara mengetukkan ibu jari ( jempol ) ke bagian pinggir ke badan gitar. Tujuan dari ketukan ini untuk memberi beat sebagai pengganti snare drum. Untuk posisi ketukannya, lihat gambar gitar di bawah ini.


gambar gitar tehnik perkusi


Cara melakukan tehnik perkusi pengganti snare drum ini ada 2 jenis. Ketukan langsung ke samping dan ketukan seperti memetik gitar bas. Bedanya ketukan seperti memetik gitar bas kurang mantap tapi bagus untuk posisi jari-jari yang lain. Sementara ketukan langsung ke samping suaranya mantap tapi merubah sedikit posisi jari-jari menjadi kurang strategis. Mungkin kalau yang jarinya panjang atau telapak tangannya lebar, tidak masalah. Bagi yang jarinya pendek-pendek mungkin akan menjadi masalah. Tapi jangan kuatir sebab kalau sering dilatih akan terbiasa.

Jika anda ingin dengar contoh petikan dengan ketukan, silakan klik video ini.



Kesimpulannya bahwa ketukan pada badan gitar jatuh pada ketukan genap, dimaksudkan untuk menggantikan snare drum. Biasanya snare drum berada pada ketukan genap (dalam birama 4/4). Tapi untuk musik/lagu tertentu tidak selalu jatuh pada ketukan genap.

Semoga postingan ini berguna.



Artikel terkait :

Fingerstyle Tehnik Perkusi ( Senar Gitar )

Fingerstyle Tehnik Perkusi ( Bas Drum )