Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Interlude Lagu

Membuat interlude lagu yang dibahas kali ini. Dilengkapi dengan gambar dan audio / video, sehingga lebih mudah dimengerti.

Interlude adalah musik bagian tengah dari sebuah musik/lagu. Biasanya interlude ini berupa melodi, bisa melodi lagu atau melodi improvisasi. Selain itu interlude juga bisa diartikan sebagai waktu istirahat bagi si penyanyi. Misalkan di atas pentas penyanyi sudah menyanyikan verse dan chorus, lalu masuk interlude, di saat itu kadangkala si penyanyi minum dulu. Tapi ada juga di saat interlude penyanyi menyapa penonton, bersalaman, bergaya dan sebagainya. Mungkin pengertian interlude ada banyak, tapi intinya interlude itu merupakan musik bagian tengah.

Untuk membuat interlude sebuah lagu, kita harus memperhatikan lagu dan jenis musik yang digunakan. Andaikata sebuah lagu diaransemen dengan musik rock maka untuk interlude gunakan melodi yang cocok dengan musik rock. Selain melodi rock, bisa juga menggunakan melodi gabungan, misalnya melodi rock dengan melodi jazz. Banyak pilihan untuk membuat interlude. Bukan saja dalam hal scale tapi juga dalam hal alat musiknya (instrumen).

Di bawah ini saya membuat interlude, melanjutkan aransemen Bubuy Bulan yang pernah saya bahas pada postingan Membuat Intro Lagu dan Mengisi Melodi Pada Lagu.


gambar notasi interlude bubuy bulan


Jika interlude ini saya gabungkan dengan kedua postingan saya tersebut di atas, maka hasilnya akan seperti di bawah ini. Silakan klik videonya.



Semoga anda menyukai tema ini.