Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Tempo Lagu

Mencari tempo lagu yang dibahas kali ini. Ada 3 cara yang saya tahu untuk melakukan itu.

Pertama : Menggunakan Software.

Banyak software DAW (Digital Audio Workstation) yang bisa digunakan untuk mencari / mengetahui tempo sebuah lagu - software DAW ini biasanya digunakan pada Home Recording. Saya akan menggunakan salah satu software DAW yaitu FL Studio untuk mengetahui tempo lagu dalam format MP3. Untuk format MP4 tidak bisa, bahkan format MP4 yang dikonversi ke MP3 juga tidak bisa.

Saya menggunakan FL Studio versi 12.2. Caranya :

Buka FL Studio

Pilih menu View

Pilih Mixer maka akan keluar jendela mixer

Klik Slot (gambar seperti segitiga) pilih yang pinggirnya kosong, maka akan tampil jendela kumpulan effect dan VST.

Pilih Edison maka akan muncul tampilan Edison.

Pada Edison klik gambar seperti disket, maka akan muncul menu sebagai berikut,

New, Load sample, Save sample as dan seterusnya.

Pilih Load sample

Lalu pilih file yang akan anda lihat temponya.

Setelah itu Edison akan menampilkan frekuensi, lihat di atas frekuensi ada tempo BMP, judul lagu dan lainnya. Singkatnya, langsung kelihatan temponya.

Saya sertakan videonya supaya lebih jelas. Silakan klik.



Untuk mengetahui tempo lagu mungkin tidak hanya software DAW yang bisa melakukannya. Mungkin ada software lain yang memiliki fasilitas seperti itu.

Kedua : Menggunakan Metronom.

Cara ini agak sulit, karena anda harus tahu birama lagu, misalnya lagu itu 3/4 atau 4/4 atau berapa. Selain itu anda harus tahu beat (ketukan) pada lagu.

Untuk mengetahui beat / ketukan pada lagu, perhatikan ketukan drum pada lagu itu. Biasanya snare drum berada pada ketukan ke-2 dan ke-4 untuk lagu pop atau musik umum. Sementara bas drum berada pada ketukan ke-1 dan ke-3.

Gunakan metronom, atur temponya hingga ketukan pada metronom sama dengan ketukan drum pada lagu itu. Bagi anda yang belum terbiasa menggunakan metronom akan sulit mencari tempo lagu namun jika sering mencoba, tentu saja akan bisa.

Cara mencari tempo seperti ini harus sabar, gunakan tempo lambat dulu jika belum sama naikkan temponya. Misalnya lagu Ibu Kita Kartini,, lagu ini termasuk tempo lambat, anda bisa menggunakan tempo 68 misalnya, jika belum cocok naikkan sesuai dengan feeling anda. Sebaiknya naikkan sedikit demi sedikit.

Ketiga : Menggunakan Jam Dinding dan Jemari.

Cara ketiga ini juga agak sulit, anda harus tahu birama dan beat-nya. Jika anda sudah tahu birama dan beat-nya, gunakan jari telunjuk sebagai ketukan pertama, jari tengah ketukan kedua, jari manis ketukan ketiga, jari kelingking ketukan keempat (Jika biramanya 4/4). Kemudian gunakan ibu jari untuk menyentuh setiap jari .

Caranya anda lihat jam dinding, misalnya mulai dari angka 12 (jarum panjang untuk detik) – dari situ mulai hitung ketukan dengan jari. Ibu jari menyentuh telunjuk (ketukan ke-1), menyentuh jari tengah (ketukan ke-2), menyentuh jari manis (ketukan ke-3) dan menyentuh kelingking (ketukan ke-4). Setiap ibu jari menyentuh jari lain artinya 1 ketuk. Ibu jari mengikuti ketukan drum.

Setelah jarum panjang ke angka 12 lagi (1 menit) sudahi hitungan. Ada berapa ketuk selama 1 menit, misalnya 90 ketuk, artinya lagu itu temponya 90.

Cara ini memang agak sulit, lebih baik gunakan software atau metronom. Tapi cara ini seringkali saya lakukan. Kemungkinan ada selisih tempo atau tidak tepat,; mungkin selisih 1 ketuk.

Untuk cara kedua dan ketiga, jika dalam sebuah lagu tidak ada beat drumnya maka ketukan berdasar pada suara penyanyi. Ini agak sulit bagi yang baru belajar.

Semoga postingan ini berguna.