Sejarah Beatbox

Beatbox atau beatboxing adalah sebuah teknik meniru bunyi instrumen dengan menggunakan suara manusia. Pada awalnya beatbox merujuk pada pengertian menirukan intrumen drum mesin (Roland TR-808). Alat itu memang berbentuk box dan memiliki banyak beat ( ketukan drum ). Namun pada gilirannya pengertian ini berkembang menjadi menirukan/menggantikan semua alat musik. 

Beatbox sudah ada sejak tahun 1960-an, Paul Mc Carney dalam lagunya “That Would Be Something” dan the beatles dalam lagunya “Come Together” menggunakan suara untuk menirukan perkusi  hanya sedikit. ( Anda bisa dengar kedua lagu itu di youtube ). Selain itu mungkin ada lagi band lain atau musisi lain yang menggunakan teknik beatbox. Hanya saja dulu beatbox tidak ditekuni seperti sekarang ini.

Beatbox ini dikaitkan dengan Roland TR-808 yang mana alat ini dipakai dalam musik Hip Hop dan Elektronic Dance Music. Pada mulanya beatboxer mencontoh suara drum dari alat itu.

Beatbox diklaim berasal dari tahun 1980-an dan pelopor awal termasuk Doug E. Fresh, yang pertama menyatakan “human beatbox”,   Swifty , Buffy, dan Wise. Selain itu pelopor yang  lain adalah Razhel  yang terkenal dengan suara robotik, Scrath (musisi)  yang terkenal dengan penggunaan vocal scretching, Kenny Muhammad yang terkenal dengan teknik perkusi. 

Internet punya andil besar dalam perkembangan beatbox, Alex Tew ( aka A-Plus ) yang pertama kali memulai komunitas online beatbox dengan url HUMANBEATBOX.COM pada tahun 2000.
Pada tahun  2001 Gavin Tyte anggota komunitas ini membuat video tutorial beatbox yang  merupakan tutorial pertama di dunia.  Pada tahun 2003 komunitas mengadakan konvensi beatbox pertama di dunia di London, menampilkan artis Rahzel, Roxorloops, Reeps One, dan Alem.

Beatbox sudah menjadi seni yang diakui oleh dunia, ini terbukti dari kompetisi tingkat dunia yang diadakan  di Jerman.

Pada tahun 2005 pertama kalinya diadakan kejuaraan beatbox sedunia di Leipzig, Jerman.  Kejuaraan ini diikuti oleh beatboxer dari banyak negara seperti Australia, Irlandia, Begia, Kanada, Inggris dan banyak lagi. Juara 1 adalah Joel Turner dari Australia dan Juara 2 adalah Roxorloop dari Belgia.

Pada tahun 2009 kejuaraan beatbox ke-2 diadakan di Berlin, Jerman. 
Juara 1 adalah Zede dari Swiss dan juara 2 adalah Vahtang dari Rusia.

Pada tahun 2012 kejuaraan beatbox ke-3 diadakan di Berlin,  Jerman.
Juara 1 adalah Skiller dari Bulgaria dan juara 2 adalah Alem dari Perancis.

Pada tahun 2015  kejuaraan beatbox ke-4 diadakan di Berlin, Jerman.
Juara 1 adalah Alem dari Perancis dan juara 2 Napom dari Amerika

Pada tahun 2018 kejuaraan beatbox ke-5 diadakan di Berlin, Jerman.
Juara 1 adalah Alexinho dari Prancis dan juara 2 adalah B-Art dari Belanda.

Sebenarnya kejuaraan beatbox ini banyak namun saya tampilkan yang di Jerman karena inilah kejuaraan beatbox yang pertama di dunia. Sementara di Indonesia juga ada kejuaraan beatbox namun kurang publikasi, sehingga banyak orang yang tidak tahu. 

Di Indonesia sendiri sebenarnya banyak pecinta beatbox, itu terbukti dengan adanya komunitas yang bernama The Indonesian Beatboxing Community di Jakarta yang didirikan oleh Billy BdaBX dan Tito Gomes pada 30 Oktober 2008. Komunitas ini lebih dikenal dengan nama Indobeatbox. Konon komunitas ini menjadi komunitas beatbox terbesar di dunia karena Indobeatbox ini merupakan induk yang mempunyai  cabang di 32 daerah yang tersebar di Indonesia. 

Perlu anda tahu bahwa Billy adalah beatboxer yang pernah mengikuti kejuaraan dunia  beatbox ke-3 di Jerman sebagai wakil dari Indonesia.

Semoga postingan ini berguna.




sumber :

Dari berbagai sumber



Belum ada Komentar untuk "Sejarah Beatbox"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel