Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Tawar Sadenge

Not angka lagu Tawar Sadenge dan not balok lagu Tawar Sadenge disertai chords dan audio untuk mendengar melodi lagunya.

Lagu Tawar Sadenge adalah lagu daerah Aceh tepatnya Tanah Gayo (Aceh Tengah), lagu ini diciptakan oleh Alm. Abu Moese Azhari atau lebih dikenal dengan sebutan A.R. Moese.

Lagu Tawar Sadenge merupakan lagu wajib Orang Gayo. Saya pernah baca sebuah artikel tentang lagu ini - kalau ada acara resmi di sana setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian menyanyikan lagu Tawar Sadenge. Boleh dibilang bahwa lagu ini merupakan lagu wajib kedua setelah Indonesia Raya.

Partitur yang saya buat di bawah ini berdasarkan sebuah video yang ada di youtube. Aturan menyanyinya seperti dalam partitur ( anda bisa dengar melodi lagunya ), setelah itu nyanyikan lagi bait berikutnya yang saya tulis di bagian bawah.

Baiklah kita lihat notasi angka lagu Tawar sadenge.


not angka lagu tawar sadenge lagu daerah aceh


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Bagi anak sekolah yang membutuhkan partitur di atas, silakan beritahu saya melalui kontak di bagian samping bawah, saya akan kirim notasi angka melalui email.

Jika ada salah pemenggalan kata atau salah pengetikan kata harap maklum. Pasalnya bahasa daerah cenderung sulit bagi orang awam.

Not balok tidak disertakan, jika butuh not baloknya silakan minta melalui formulir kontak. Partitur yang bagusnya tidak di-upload karena berat saat loading halaman.

Jika ingin mendengar melodi lagunya, silakan putar video di bawah ini.



Lagu Daerah Aceh yang lain yang terkenal ( silakan klik saja ).

Bungong Jeumpa

Aceh Lon Sayang

Jambo Jambo


Sambungan lirik Tawar sadenge.

Setelah dinyanyikan seperti pada video di atas, lanjutan liriknya sebagai berikut,


Ko matangku si mumimpin

Emah ko uyem ken soloh

Katiti kiding nti museltu

Ilahni dene


Wo kiding kao ken cermin

Remalan enti berteduh

Nti mera kao tang duru

bon jema dele


Nti osan ku pumun jema

Pesaka si ara

Tenaring ni munyang datu

ken ko bewen mu


Uwetmi ko tanoh Gayo

Ko opoh bajungku

Ken tawar roh munyang datu

Uwetmi masku


Sumber lirik dan melodi : youtube – channel Gayoku Sayang.

Lagu Tawar Sadenge menceritakan tentang sumber daya alam dataran tinggi Gayo dan mensyukuri anugerah Tuhan atas sumber daya alam tersebut. Selain itu memotivasi rakyat untuk memanfaatkan sumber daya alam itu agar jangan sampai merusak lingkungan. Dengan kata lain harus memanfaatkan sumber daya alam dengan baik dan memeliharanya.

Semoga anda menyukai lagu ini.


Tag

Not angka lagu Tawar Sadenge C = Do, not angka lagu Tawar Sadenge pianika, not angka lagu Tawar Sadenge recorder, not lagu Tawar Sadenge, not balok lagu Tawar Sadenge, notasi lagu Tawar Sadenge, chord lagu Tawar Sadenge, lirik lagu Tawar Sadenge.