Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Autumn Leaves

Chord lagu Autumn Leaves dan not balok lagu Autumn Leaves yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Autumn Leaves adalah salah satu lagu jazz standar yang terkenal. Lagu ini diciptakan / digubah oleh Joseph Kosma. Awalnya lagu ini berjudul Jacques Prévert ( Bahasa Prancis ). Setelah itu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Johnny Mercer dan versi instrumentalianya oleh pianis Roger Williams.

Lagu Autumn Leaves ini pernah berada pada peringkat ke-1 pada tangga lagu Billboard Amerika Serikat tahun 1955. Pada jamannya lagu ini sangat terkenal.

Mungkin lagu Autumn Leaves ini bukan lagu jazz asli sebab lagu ini lebih bernuansa pop. Melodi lagu ini sangat mudah untuk dicerna sedangkan lagu jazz umumnya agak sulit dicerna. Oleh sebab itu jika anda ingin belajar musik jazz, lagu ini bisa dijadikan bahan untuk belajar.

Lagu Autumn Leaves sangat terkenal di kalangan “orang-orang jazz” atau di tempat-tempat kursus musik jazz. Pasalnya lagu ini merupakan salah satu lagu yang sering dijadikan bahan pembelajaran. Kalau boleh saya katakan lagu ini termasuk salah satu “lagu wajib” dalam musik jazz.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Autumn Leaves.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord autumn leaves lagu jazz standar


Lagu Autumn Leaves di sini menggunakan nada dasar G. Anda boleh merubah nada dasarnya disesuaikan dengan suara penyanyi. Chords lagu ini pun bisa dirubah disesuaikan dengan kebutuhan aransemen musik. Dalam jazz seringkali chords berbeda-beda, bergantung pada pembuat aransemen.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Autumn Leaves


Lagu Autumn Leaves jika akan diaransemen sebaiknya menggunakan musik yang slow ( lambat ), agar sesuai dengan liriknya yang romantis. Namun lagu ini seringkali dimainkan pakai musik swing dan ada juga yang memainkan pakai musik bossa nova.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB :

Jika anda ingin partitur di atas yang gambarnya lebih bagus, silakan minta via kontak formulir. Partitur akan dikirim secepatnya.

sumber notasi : musescore.com