Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Black Orpheus ( Manhã de Carnaval )

Chord lagu Black Orpheus ( Manhã de Carnaval ) dan not balok lagu Black Orpheus ( Manhã de Carnaval ) yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Black Orpheus aslinya berjudul Manha de Carnaval yang dibuat oleh komposer terkenal Brazil yakni Luiz Bonfa sedangkan liriknya ditulis oleh Antonio Maria.

Lagu Manhã de Carnaval (Black Orpheus) muncul sebagai lagu tema utama dalam film berbahasa Portugis 1959 yang berjudul Orfeu Negro oleh sutradara Prancis Marcel Camus. Film dan lagu ini terkenal pada saat itu.

Lagu Manhã de Carnaval (Black Orpheus) menjadi salah satu komposisi Bossa Nova pertama yang mendapatkan popularitas di luar Brasil. Khususnya di Amerika Serikat, lagu ini dianggap sebagai salah satu lagu Jazz / Bossa Brasil terpenting yang membantu membangun gerakan Bossa Nova pada akhir 1950-an. Lagu ini telah menjadi lagu jazz standar di Amerika Serikat dan meluas pada akhirnya.

Di Amerika Serikat, lagu ini juga dikenal sebagai "A Day in the Life of a Fool", "Carnival", "Theme from Black Orpheus", atau hanya "Black Orpheus". Di Prancis, lagu ini dikenal sebagai "La Chanson d'Orphée".

Lagu Manhã de Carnaval (Black Orpheus) menjadi salah satu lagu terkenal asal Brazil yang banyak dinyanyikan / dimainkan oleh penyanyi atau musisi dunia.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Black Orpheus ( Manhã de Carnaval ).

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord black orpheus lagu jazz standar


Lagu Black Orpheus ( Manhã de Carnaval ) pada partitur di atas menggunakan nada dasar C, dengan birama 4/4. Lagu ini umumnya dimainkan dengan tempo sedang dengan musik bossa nova.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Black Orpheus ( Manhã de Carnaval ) 


Perlu anda tahu bahwa lagu jazz seringkali berbeda chords, notasi dan lirik. Namun biasanya berbeda sedikit. Oleh sebab itu jika ada perbedaan dengan yang anda tahu artinya berbeda versi.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Jika anda membutuhkan partitur di atas, silakan tulis di formulir kontak.

Partitur akan dikirim via email.

Sumber notasi : musescore.com