Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Born to Be Blue

Chord lagu Born to Be Blue dan not balok lagu Born to Be Blue yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Born to Be Blue adalah salah satu lagu jazz standar pada tahun 1946. Lagu ini ditulis oleh Mel Tormé dan Robert Wells.

Sebagai lagu jazz standar tentu saja lagu ini banyak yang menyanyikan / memainkan dan merekamnya, di antaranya Ella Fitzgerald, Freddie Hubbard, Wes Montgomery dan lain-lain.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Born to Be Blue.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord born to be blue 1 lagu jazz standar


chord born to be blue 2 lagu jazz standar


Lagu Born to Be Blue pada partitur di atas menggunakan nada dasar Eb ( E mol ), dengan tanda birama 4/4. Lagu ini umumnya dimainkan dengan tempo lambat. Namun dalam musik jazz tempo bisa saja diubah-ubah. Maksudnya bisa menggunakan tempo lambat, sedang atau cepat. Saya tahu ini karena saya pernah mendengar sebuah lagu jazz yang harusnya dimainkan dengan tempo lambat namun dimainkan dengan tempo sedang, bahkan ada yang dimainkan dengan tempo cepat.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Born to Be Blue


Chords lagu dalam musik jazz boleh dibilang tidak mutlak artinya bahwa chords itu boleh diubah. Umumnya lagu jazz itu memiliki chords yang berbeda atau dengan kata lain tergantung versi lagu itu.

Setiap arranger memiliki feel-nya masing-masing. Oleh sebab itu jika anda melihat chords jazz berbeda pada lagu yang sama artinya berbeda versi. Selain itu dalam notasi juga seringkali berbeda, jika anda mendengar 3 video dengan judul lagu yang sama kemudian anda perhatikan nadanya (notasinya) maka anda akan mendengar bahwa di antara 3 video itu tidak ada satu pun yang sama.

Satu hal lagi yang sering berbeda yakni dalam hal lirik.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis di formulir kontak.

Partitur akan dikirim melalui email.

Sumber notasi : musescore.com