Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Over the Rainbow

Chord lagu Over the Rainbow dan not balok lagu Over the Rainbow yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Over the Rainbow adalah balada yang digubah oleh Harold Arlen dan liriknya oleh Yip Harburg. Lagu ini ditulis untuk film The Wizard of Oz dan dinyanyikan oleh aktris Judy Garland. Setelah The Wizard of Oz muncul pada tahun 1939, "Over the Rainbow" menjadi lagu khas Garland. Lagu ini memenangkan Academy Award untuk Best Original Song.

Lagu Over the Rainbow seringkali ditulis dengan judul “Somewhere Over the Rainbow”. Judul ini berdasarkan single yang dirilis di Inggris.

Lagu ini sangat terkenal di Jerman dan menduduki peringkat atas pada tangga lagu, juga di negara lainnya pun lagu ini memiliki peringkat yang baik. Selain itu lagu ini termasuk lagu yang laris.

Lagu Over the Rainbow telah digunakan dalam iklan, film, dan program televisi. Lagu ini telah menjadi lagu sepanjang masa dan menjadi lagu jazz standar yang banyak dinyanyikan / direkam oleh penyanyi kelas dunia, bahkan penyanyi amatir pun banyak yang meng-cover lagu ini. Jika anda menyukai lagu maka lagu ini wajib masuk dalam daftar lagumu.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Over the Rainbow.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord over the rainbow lagu jazz standar


Lagu Over the Rainbow pada partitur di atas menggunakan nada dasar Eb ( E mol ), dengan birama 4/4. Lagu ini umumnya dimainkan dengan tempo lambat.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Over the Rainbow


Chords lagu Over the Rainbow di atas boleh diubah disesuaikan dengan kebutuhan aransemen. Partitur di atas menggunakan chords biasa atau tidak nge-jazz. Tapi jika mau dibikin “chords nge-jazz” anda bisa mengganti chords itu dengan melihat referensi dari blog ini. Cari yang berjudul Famili Chord Musik Jazz.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis pada formulir kontak.

Partitur akan dikirim melalui email.

Sumber notasi : musescore.com