Chord Lagu Take Five


Chord lagu Take Five dan not balok lagu Take Five yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Take Five adalah lagu standar jazz yang digubah oleh Paul Desmond dan awalnya direkam oleh Dave Brubeck Quartet pada tahun 1959.  Dua tahun kemudian menjadi sebuah hit  dan single jazz terlaris yang pernah ada.

Kuartet Dave Brubeck pertama kali memainkan Take Five untuk audiensi langsung di klub malam Village Gate di New York City pada tahun 1959.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Take Five.
Klik gambarnya untuk memperbesar


Take Five chords jazz standar


Lagu Take Five pada partitur di atas menggunakan  nada dasar F# ( F Kres ) dengan birama 5/4. Mungkin banyak pemain musik ( pemusik autodidak ) yang tidak tahu birama 5/4 sebab lagu dengan birama 5/4 sangat jarang. Cara memainkannya adalah 5 ketuk setiap bar. Lagu di atas cara memainkannya, dalam 1 bar dibagi 2 bagian, 3 ketuk dan 2 ketuk artinya perpindahan chords terjadi setelah 3 ketuk dan berikutnya setelah 2 ketuk. Namun dalam bar tertentu ada yang hanya memiliki  1 chords, dengan kata lain bahwa dalam bar itu chord pindah setelah 1 bar ( 5 ketuk ).

Bagi anda yang  ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan putar video di bawah ini.




Chords lagu Take Five di atas bisa diubah disesuaikan dengan suara penyanyi. Dalam musik jazz chords bukanlah hal yang mutlak artinya chords bisa berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan aransemen. Perlu diketahui bahwa Lagu jazz seringkali berbeda chords dan kadangkala berbeda notasi namun biasanya berbeda sedikit. Selain itu lagu jazz umumnya memiliki banyak versi, oleh sebab itu jika ada lirik yang berbeda atau notasi yang berbeda artinya berbeda versi.
Semoga postingan ini bermanfaat.





NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis pada formulir kontak.
Partitur akan dikirim melalui email.
Sumber notasi : musescore.com

Belum ada Komentar untuk "Chord Lagu Take Five"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel