Chord Lagu Genjer-Genjer

Chord Lagu Genjer-Genjer yang di-posting kali ini. Lirik lagu Genjer-Genjer di sini berdasarkan sebuah video yang ada di youtube.

Lagu Genjer-Genjer adalah lagu yang diciptakan oleh Muhammad Arif ( perlu rujukan )  dan  dinyanyikan / dipopulerkan oleh Lilis Suryani dan Bing Slamet ( yg paling terkenal ). 

Menurut cerita dari blog sebelah :

Sekitar tahun 1942, ada lagu angklung Banyuwangian yang terkenal berjudul “Genjer-Genjer”. Syair lagu ini diciptakan oleh Muhammad Arif, seorang seniman angklung. Menurut keterangan teman sejawat beliau, lagu Genjer-Genjer itu diangkat dari lagu dolanan yang berjudul “Tong Alak Gentak” ( lagu rakyat Banyuwangi ), kemudian diberi syair baru seperti dalam lagu genjer-genjer di sini.

Syair lagu Genjer-Genjer dimaksudkan sebagai sindiran atas masa pendudukan Jepang di Indonesia. Pada saat itu, kondisi rakyat semakin sengsara dibanding sebelumnya. Bahkan ‘genjer’ sebelumnya dikonsumsi itik, namun menjadi santapan yang lezat akibat tidak mampu membeli daging. Menurut Suripan Sadi Hutomo (1990: 10). Upaya yang dilakukan M. Arif sesuai dengan fungsi “Sastra Lisan”, yaitu sebagai kritik sosial, menyindir penguasa, dan alat perjuangan.

Sesudah kemerdekaan Indonesia, lagu "Genjer-genjer" menjadi sangat populer setelah dibawakan para penyanyi dan disiarkan di radio Indonesia. Penyanyi yang paling dikenal dalam membawakan lagu ini adalah Lilis Suryani dan Bing Slamet. 

Pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966), Partai Komunis Indonesia (PKI) melancarkan kampanye besar-besaran untuk meningkatkan popularitas. Lagu ini, yang menggambarkan penderitaan warga desa, menjadi salah satu lagu propaganda yang disukai dan dinyanyikan pada berbagai kesempatan. Akibatnya orang mulai mengasosiasikan lagu ini sebagai "lagu PKI". Pada akhirnya, lagu ini menjadi lagu yang tidak boleh dinyanyikan alias dilarang.

Lagu Genjer-Genjer termasuk dalam “150 Lagu Terbaik Indonesia” versi majalah rolling stone Indonesia. Lagu ini menempati peringkat ke-105 dengan penyanyi Alm. Bing Slamet.

Baiklah kita lihat chord lagu Genjer-Genjer.


chord genjer genjer bing slamet

Klik gambarnya untuk memperbesar.

Untuk mengetahui susunan bait-bait lagu tersebut, silakan putar  video di bawah ini.




Video di atas saya ambil dari youtube. Jika video itu dihapus oleh publisher di youtube, maka video di sini tidak bisa dimainkan. Jangan kuatir sebab banyak orang yang meng-upload lagu ini di youtube. 

Nada dasar penyanyi aslinya adalah nada C#. Sementara saya menggunakan nada dasar C, tujuannya agar mudah dimainkan. Jika anda ingin tahu chords nada aslinya, tinggal di-transpose saja. Caranya naikkan ½ nada pada setiap chord-nya, lihat di bawah ini.

Am menjadi Bbm

G  menjadi Ab

Dm  menjadi Ebm

C menjadi C#

Penempatan chords mungkin ada yang bergeser sedikit ( tidak tepat suku katanya ) karena software yang tidak menunjang. Anda tinggal menyesuaikannya sedikit.

Semoga postingan ini bermanfaat.


Tag.

Chord lagu Genjer-Genjer, lirik lagu Genjer-Genjer, Genjer-Genjer ciptaan Muhammad Arif, Genjer-Genjer C = Do. 

Belum ada Komentar untuk "Chord Lagu Genjer-Genjer"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel