Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Eleanor Rigby ( The Beatles )

Chord Lagu Eleanor Rigby ( The Beatles ) yang di-upload kali ini. Semoga chord ini dapat berguna terutama bagi yang sedang belajar chord dan lagu ini. Selanjutnya saya akan bahas sedikit terkait dengan lagu tersebut.

"Eleanor Rigby" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini digubah terutama oleh Paul McCartney dan dikreditkan kepada kemitraan penulisan lagu John Lennon – Paul McCartney. Lagu ini termasuk dalam album studio yang bertajuk Revolver dan dirilis pada tahun 1966. Lagu ini juga dikeluarkan pada single A-side ganda, dipasangkan dengan "Yellow Submarine". Lalu lagu ini menduduki puncak tangga lagu single di Australia, Belgia, Kanada, dan Selandia Baru.

Lagu "Eleanor Rigby" melanjutkan transformasi The Beatles dari band yang berorientasi rock and roll dan pop menjadi band berbasis studio yang lebih eksperimental. Pada tanggal 5 Agustus 1966, "Eleanor Rigby" secara bersamaan dirilis pada single A-side ganda, dipasangkan dengan "Yellow Submarine". Dalam pengurutan LP, lagu ini muncul sebagai lagu kedua, antara "Taxman" milik Harrison dan "I'm Only Sleeping" milik Lennon.

Di Amerika Serikat, perilisan rekaman bertepatan dengan tur terakhir grup dan kehebohan publik atas publikasi pernyataan Lennon bahwa The Beatles telah menjadi "lebih populer daripada Yesus Kristus".

Pada pertengahan 2000-an, lebih dari 200 versi sampul ( cover ) lagu "Eleanor Rigby" telah dibuat. George Martin memasukkan lagu tersebut pada album November 1966-nya George Martin Instrumentally Salutes "The Beatle Girls", salah satu dari serangkaian karya interpretatif oleh produser band yang dirancang untuk menarik pasar easy listening.

Lagu "Eleanor Rigby" juga populer di kalangan seniman soul yang ingin memperluas jangkauan gaya mereka. Ray Charles merekam sebuah versi yang dirilis sebagai single pada tahun 1968 dan mencapai nomor 35 di Billboard Hot 100 serta nomor 36 di Inggris. Lennon menyorotinya sebagai sampul yang "fantastis". Sementara versi Aretha Franklin dari "Eleanor Rigby" memetakan di nomor 17 di Billboard Hot 100 pada bulan Desember 1969. Jurnalis musik Chris Ingham mengakui rekaman Charles dan Franklin sebagai interpretasi soul progresif yang terkenal dari lagu tersebut.

McCartney merekam versi baru "Eleanor Rigby", dengan Martin kembali mencetak orkestrasi, untuk film 1984-nya Give My Regards to Broad Street. Pada tahun 2021, komposer Cody Fry mengatur rekaman yang dikirimkan oleh 400 musisi ke dalam cover orkestra "Eleanor Rigby". Itu dinominasikan untuk Grammy Award untuk Best Arrangement, Instrumental and Vocals di Grammy Awards Tahunan ke-64.

Baiklah kita lihat chord lagu Eleanor Rigby.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord eleanor rigby - the beatles


Chord di atas sesuai dengan chord aslinya ( The Beatles ).

Semoga bermanfaat.


Tag.

Chord lagu Eleanor Rigby The Beatles, lirik lagu Eleanor Rigby The Beatles.