Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Ob-La-Di, Ob-La-Da ( The Beatles )

Chord Lagu Ob-La-Di, Ob-La-Da ( The Beatles ) yang di-upload kali ini. Semoga chord ini dapat berguna terutama bagi yang sedang belajar chord dan lagu ini. Selanjutnya saya akan bahas sedikit terkait dengan lagu tersebut.

"Ob-La-Di, Ob-La-Da" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini digubah oleh Paul McCartney dan dikreditkan kepada kemitraan penulisan lagu John Lennon – Paul McCartney. Lagu ini termasuk dalam album ganda The Beatles tahun 1968 atau dikenal juga dengan nama White Album The Beatles. Setelah perilisan album, lagu tersebut dikeluarkan sebagai singel di banyak negara, meskipun tidak di Inggris Raya atau Amerika Serikat, dan menduduki puncak tangga lagu singel di Australia, Jepang, Selandia Baru, Swiss, dan Jerman Barat.

McCartney menulis "Ob-La-Di, Ob-La-Da" dalam gaya ska Jamaika dan menggunakan frasa yang dipopulerkan oleh Jimmy Scott, seorang musisi Nigeria yang berbasis di London, untuk judul dan chorus lagu tersebut.

Rekaman resmi "Ob-La-Di, Ob-La-Da" berlangsung pada bulan Juli dan melibatkan beberapa hari kerja. Versi lengkap pertama dari lagu tersebut direkam antara 3 dan 5 Juli, menampilkan Scott bermain congas dan trio pemain saksofon.

"Ob-La-Di, Ob-La-Da" dirilis di The Beatles pada 22 November 1968. Sebagai salah satu lagu paling populer di album, lagu ini juga dirilis sebagai single, didukung oleh "While My Guitar Soft Weeps", di banyak negara, meskipun tidak di pasar komersial utama Inggris dan Amerika Serikat. McCartney menginginkan single tersebut dirilis di kedua negara ini juga, tetapi rekan satu bandnya memveto ide tersebut. Pada November 1976, Capitol Records mengeluarkan lagu tersebut sebagai singel di AS, dengan "Julia" sebagai sisi-B.

Keputusan The Beatles untuk tidak mengeluarkan "Ob-La-Di, Ob-La-Da" sebagai single di Inggris atau AS setelah rilis album menyebabkan banyak yang bergegas untuk merekam lagu tersebut, dengan harapan mencapai hit di negara-negara tersebut. Sebuah rekaman oleh band pop Skotlandia Marmalade, dirilis pada akhir 1968, menjadi yang paling sukses secara komersial dari semua versi sampul lagu dari The Beatles. Ini mencapai nomor 1 di chart Record Retailer (selanjutnya UK Singles Chart) pada Januari 1969, membuat Marmalade artis Skotlandia pertama yang menduduki puncak tangga lagu itu. Rekaman Marmalade terjual sekitar setengah juta di Inggris, dan satu juta kopi di seluruh dunia pada April 1969. Terlepas dari popularitas lagu tersebut, "Ob-La-Di, Ob-La-Da" telah diejek oleh beberapa komentator karena sifatnya yang ringan, dan muncul di beberapa daftar lagu terburuk yang pernah ada.

Selain Marmalade, dua aksi lainnya mencapai hits di Eropa dengan "Ob-La-Di, Ob-La-Da". Pada tahun 1968, sebuah rekaman oleh Bedrocks, sebuah band India Barat dari Leeds, memuncak di nomor 20 di chart Record Retailer. Juga pada tahun 1968, Spectrum mencapai nomor 19 di chart single Jerman dengan cover mereka.

Sebuah versi "Ob-La-Di, Ob-La-Da" oleh Patti LuPone dan pemeran Life Goes On adalah lagu tema untuk drama 1989-1993 dengan nama itu di ABC di Amerika Serikat.

Baiklah kita lihat chord lagu Ob-La-Di, Ob-La-Da.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord obladi oblada hal 1 - the beatles


chord obladi oblada hal 2 - the beatles


Chord di atas sesuai dengan chord aslinya ( The Beatles ).

Semoga bermanfaat.


Tag.

Chord lagu Ob-La-Di, Ob-La-Da The Beatles, lirik lagu Ob-La-Di, Ob-La-Da The Beatles.