Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Taxman ( The Beatles )

Chord Lagu Taxman ( The Beatles ) yang di-upload kali ini. Semoga chord ini dapat berguna terutama bagi yang sedang belajar chord dan lagu ini. Selanjutnya saya akan bahas sedikit terkait dengan lagu tersebut.

"Taxman" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini digubah oleh gitaris utama grup, George Harrison, dengan beberapa bantuan lirik dari John Lennon. Lagu ini termasuk dalam album mereka yang bertajuk Revolver yang dirilis tahun 1966. Lagu tersebut dipilih sebagai lagu pembuka album dan berkontribusi pada kemunculan Harrison sebagai penulis lagu di samping kemitraan Lennon – McCartney yang dominan.

The Beatles mulai merekam "Taxman" pada April 1966, sebulan setelah Wilson menang telak dalam pemilihan umum 1966. Bertepatan dengan pembuatan lagu, Harrison mengetahui bahwa kewajiban pajak anggota band kemungkinan akan menyebabkan kebangkrutan mereka, dan dia secara blak-blakan menentang pemerintah menggunakan pendapatan mereka untuk membantu mendanai pembuatan senjata militer. Terpengaruh musik soul/R&B tahun 1960-an, lagu tersebut menggambarkan petugas pajak tanpa henti dalam mengejar pendapatan. Rekaman itu termasuk solo gitar yang dipengaruhi India yang dibawakan oleh Paul McCartney.

"Taxman" berpengaruh dalam perkembangan psychedelia Inggris dan gaya pop mod, dan telah diakui sebagai pendahulu punk rock. The Jam banyak meminjam dari lagu untuk single hit 1980 mereka "Start!" , membawakan "Taxman" dalam tur di awal 1990-an. Harrison mengadaptasi lirik untuk merujuk para pemimpin sezaman, mengutip kualitasnya yang bertahan lama di luar tahun 1960-an. Dampak lagu tersebut telah meluas ke industri pajak dan wacana politik perpajakan.

The Beatles mulai merekam "Taxman" pada 20 April, tetapi hasilnya tidak digunakan. Sepuluh take ( ( pengambilan suara ) baru direkam pada 21 April, empat lagu diisi dengan drum Ringo Starr dan bass McCartney dan gitar ritme Harrison yang terdistorsi, diikuti oleh overdub gitar utama McCartney, vokal utama Harrison, dan vokal latar Lennon dan McCartney. Penulis biografi Beatles, Robert Rodriguez menulis bahwa meskipun insinyur EMI Geoff Emerick memberikan catatan tajam tentang upaya awal Harrison untuk membuat solo, ini lebih mencerminkan kepribadian Emerick dan tidak tercermin dalam ingatan McCartney dan Harrison. McCartney mengatakan bahwa dia sedang mendiskusikan idenya untuk solo dengan Harrison, dan Harrison mengundangnya untuk memainkannya di rekaman. Harrison mengatakan bahwa dia senang karena lagu tersebut direkam untuk Revolver dan tidak mempermasalahkan siapa yang memainkan solo gitar. Dia menambahkan: "Saya senang dia bermain sedikit di 'Taxman'. Jika Anda perhatikan, dia menyukai sedikit India untuk saya."

Label Parlophone EMI merilis Revolver pada 5 Agustus 1966, dengan "Taxman" diurutkan sebagai lagu pembuka, sebelum "Eleanor Rigby". Menurut penulis biografi Beatles, Nicholas Schaffner, memiliki tiga komposisi yang belum pernah ada sebelumnya di album Beatles - "Taxman", "Love You To" yang sepenuhnya bergaya India, dan "I Want to Tell You" - menjadikan Harrison sebagai penulis lagu "produktif" ketiga dalam band.

"Taxman" adalah lagu topikal pertama The Beatles dan pernyataan politik pertama yang mereka buat dalam musik mereka. Sejarawan musik David Simonelli, dalam bukunya Working Class Heroes, mengelompokkannya dengan "Eleanor Rigby" dan lagu tunggal band Mei 1966 "Paperback Writer" dan "Rain" sebagai contoh "komentar sosial runcing" The Beatles yang mengkonsolidasikan "dominasi" mereka, adegan sosial London". Dia menyamakan aspek ini dengan perkembangan Rolling Stones saat ini, di mana lagu-lagu grup "harus mengomentari nilai-nilai yang menandai kemakmuran di Inggris". Dalam sebuah wawancara tahun 1968, Lennon merujuk "Taxman" sebagai bagian dari pandangan anti-otoriter The Beatles, dia mengatakan itu adalah "lagu pajak anti-kemapanan" dan bahwa band masih memprotes karena harus membayar pemerintah kecuali jika untuk "masyarakat komunal atau Komunis atau Kristen sejati". Dia terkejut ketika pewawancara Belanda, Abram de Swaan, mengkritik pesan lagu tersebut dan bersikeras bahwa pajak harus tinggi untuk memberi manfaat bagi seluruh masyarakat.

"Taxman" dicover oleh band garasi-psikedelik tahun 1960-an Music Machine dalam versi yang oleh kritikus musik Richie Unterberger digambarkan sebagai "( menempel ) cukup dekat dengan aransemen aslinya". ( ada beberapa artis yang cover ini ).

Baiklah kita lihat chord lagu Taxman.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord taxman - the beatles


Chord di atas sesuai dengan chord aslinya ( The Beatles ).

Semoga bermanfaat.


Tag.

Chord lagu Taxman The Beatles, lirik lagu Taxman The Beatles.