Membaca Not Angka O Ina Ni Keke

Membaca Not angka nada D dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar alat musik dan video / audio, sehingga akan lebih mudah dimengerti.

Bagi anda yang belum tahu kunci melodi D pada gitar dan keyboards, silakan lihat di bawah ini.


Keterangan :
D – E - F# - G – A – B – C#  = 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 = Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si 

Setelah tahu kunci melodinya, yang perlu anda tahu adalah nilai not dan tempo. Anda bisa lihat pada postingan yang berjudul Mengenal Not Angka , Nilai Not Pada Not Angka dan Tempo.

Baiklah sekarang lihat lagu di bawah ini.


Lagu di atas adalah lagu daerah Sulawesi Utara,  tanda sukat 4/4, nada dasar D. Lagu di atas saya beri tempo 60 agar mudah memainkannya. Bagi anda yang belum punya metronom, silakan download di PLAY STORE – pakai ponsel android. Setelah itu atur metronomnya beat 4, tempo 60.
Selain pakai metronom, anda juga bisa menggunakan jarum panjang jam dinding (jarum detiknya) -  Saya sengaja mengambil tempo 60 agar bisa menggunakan jam dinding. Perlu anda ingat bahwa tempo 60 = 60 BMP (Beat Per Minute) artinya didalam 1 menit ada 60 ketuk. Dengan kata lain setiap ketuk berdurasi 1 detik.

Perhatikan notasi angka di atas.
Lagu mulai dimainkan pada not sol ( angka 5 ) bernilai 1 ketuk atau berdurasi 1 detik, di depannya ada tanda garis awal pengulangan ||:  lalu ada not do di atasnya terdapat titik (.), artinya not do tinggi (didalam not angka tanda titik di atas berarti not naik 1 oktaf). Di depan not do ada tanda titik (dalam not angka titik di depan not berarti nilai not dari not sebelumnya), jadi not do nilainya 2 ketuk atau berdurasi 2 detik. kemudian ada not re tinggi dan di depannya ada tanda titik bergaris atasnya (sebuah garis atas artinya membagi 2 not yang di bawahnya). Jadi not re itu bernilai 1 ½ detik. garis di atas titik itu artinya ½ detik.  Nilai not do setelah titik itu berdurasi  ½ detik karena not do itu juga bergaris  atasnya.

Bar berikutnya sama dengan yang sudah dijelaskan, langsung ke bar yang ada angka 0, arti angka 0 adalah istirahat 1 ketuk atau 1 detik. Jika angka 0 ada 2 maka istirahatnya 2 ketuk.

Berikutnya lihat bar yang ada tanda garis lengkung di bawah, itu adalah tanda slur atau legato, artinya not mi (angka 3) dibunyikan tidak boleh putus sampai not sol ( angka 5 ).

Selanjutnya lihat ada garis yang didalamnya ada  tulisan ke-1  , garis itu disebutnya prima volta artinya yang pertama. Prima volta ini pasti berdampingan dengan tanda pengulangan. Ini bagian pertama sebelum pengulangan.

Berikutnya ada tanda akhir pengulangan :|| dan setelah itu ada garis lagi yang di dalamnya ada tulisan ke-2. Garis kedua itu disebut seconda volta. Artinya setelah habis prima volta maka lanjutkan ke  seconda volta. Kira-kira begitu.

Bar-bar selanjutnya saya pikir anda sudah mengerti, jadi tidak harus dijelaskan, karena jenisnya sama dengan yang sudah diterangkan di atas.

Jika anda sudah bisa memainkan lagu tersebut di atas tempo 60, sekarang coba mainkan dengan tempo 82, diiringi musik di bawah ini. Jika anda benar memainkannya maka akan terdengar enak, tapi jika salah mungkin akan terdengar fals atau balapan antara musik dengan melodi yang anda mainkan. Pasti kan alat musik anda dalam keadaan standard. Sebagai aba-aba untuk masuk lagu, ada suara snare drum 3 kali, baru mainkan lagu.






Jika melodi anda sudah sama dengan melodi di bawah ini, artinya anda sudah benar memainkannya. Silakan klik.





Oya, maaf jika pada lagu ini ada kesalahan lirik, baik dalam hal pemenggalan kata maupun dalam kalimat. Saya lihat lirik lagu ini dari youtube.

Semoga anda mengerti.

Belum ada Komentar untuk "Membaca Not Angka O Ina Ni Keke"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel