Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Apuse

Not angka lagu Apuse dan not balok lagu Apuse disertai chords / akor dan audio untuk mendengar melodi lagunya. Juga ada lirik lagu Apuse dan terjemahannya.

Lagu Apuse adalah lagu daerah Papua Barat, penciptanya tidak diketahui. Lagu ini terkenal di kalangan pelajar / sekolah. Selain itu lagu ini juga terkenal di tingkat nasional.

Tempo lagu ini dalam salah satu buku adalah moderato. Umumnya moderato itu 112 BPM sampai 120 BPM. Saya menggunakan tempo 100 BPM bahkan saya inginnya lagu ini di bawah 100 BPM, alasannya lagu ini bukan lagu gembira, boleh dibilang agak sedih. Anda bisa melihat terjemahannya di bagian bawah.

Sekarang kita lihat notasi angka lagu tersebut.


not angka lagu apuse lagu daerah papua


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Bagi anak sekolah yang membutuhkan partitur ini, silakan beritahu saya melalui kontak di bagian samping bawah, saya akan kirim notasi angka / notasi balok melalui email. Jika ada salah pemenggalan kata atau salah pengetikan kata harap maklum. Pasalnya bahasa daerah cenderung sulit bagi orang awam.

Not balok tidak disertakan, jika butuh not baloknya silakan minta melalui formulir kontak. Partitur yang bagusnya tidak di-upload karena berat saat loading halaman.

Jika anda ingin mendengar melodi lagunya, silakan klik video di bawah ini.



Lagu Daerah Papua yang lain yang terkenal ( silakan pilih, klik ).

E Mambo Simbo

Diru Diru Nina

Sajojo

Yamko Rambe Yamko


Dalam video ada notasi chords, fungsinya untuk mencocokkan chords dengan lagu tersebut. Jika ada chord yang tidak cocok , silakan diganti saja. Namun semua chords pada kumpulan lagu daerah di sini sudah saya coba semuanya (not baloknya). Hasilnya semua chords masuk (tidak ada yang fals).

Sebenarnya chord itu bisa dirubah disesuaikan dengan kepentingan aransemen. Contohnya dalam musik jazz, kita seringkali melihat chord yang berbeda-beda ( tidak sama ) dalam lagu yang sama. Banyak orang yang menggunakan, misalnya chords substitusi dan jembatan chord sehingga aransemen mereka lebih bervariasi. Dalam lagu daerah ini saya pun kadang menyisipkan jembatan chord dan juga menggunakan chords substitusi, namun tidak semua lagu.

Bagi anda yang ingin belajar chord tersebut, anda bisa buka pada kategori chord yang berada di samping kiri halaman ini.


Lirik dan terjemahannya di bawah ini.

Apuse kokon dao

Yarabe Soren Doreri

Wuf lenso bani nema baki pase

Apuse kokon dao

Yarabe Soren Doreri

Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar

Arafabye aswarakwar


Kakek/nenek aku akan pergi

Ke negeri seberang, Teluk Doreri

Pegang sapu tangan dan melambaikan tangan

Kakek/nenek aku akan pergi

Ke negeri seberang, Teluk Doreri

Pegang saputangan dan melambaikan tangan

Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Kasihan aku, selamat jalan cucuku


Setelah membaca terjemahannya, dapat disimpulkan bahwa lagu Apuse adalah lagu perpisahan sementara. Lumrahnya perpisahan itu bukan hal yang menyenangkan namun hal menyedihkan, karenanya lagu ini lebih pantas dengan tempo yang lebih lambat. Namun lagu ini seringkali dibawakan dengan irama yang ceria.

Semoga anda menyukai lagu ini.


Tag.

Not angka lagu Apuse C = Do, Not angka lagu Apuse pianika, Not angka lagu Apuse recorder, Not lagu Apuse, Not balok lagu Apuse, notasi lagu Apuse, chord lagu Apuse, Terjemahan lagu Apuse, Arti lagu Apuse, Makna lagu Apuse.