Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu W.R. Soepratman

Kumpulan lagu W.R. Soepratman ini merupakan kumpulan lagu-lagu beliau yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

Sumber yang saya maksud adalah buku lagu, website/blog dan youtube. Saya sudah mencari cukup lama namun tidak dapat menemukan lagu-lagu secara lengkap. Meskipun demikian saya merasa senang sebab yang saya dapatkan merupakan lagu-lagu yang terkenal dari beliau.

Mungkin karena kurang publikasi maka lagu-lagu beliau tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Saya tidak tahuberapa banyak persisnya yang beliau ciptakan. Mungkin juga ada lagu yang belum ditulis oleh beliau padahal lagunya sudah selesai diciptakan.

Saya menemukan beberapa judul lagu ciptaan beliau diantaranya :

Bendera Kita Merah Putih ( 1928 )

Bangunlah Hai Kawan ( 1929 )

Mars Kepanduan Bangsa Indonesia ( 1930 )

Mars Partai Indonesia Raya ( 1937 )

Mars Surya Wirawan ( 1937 )

Selamat Tinggal ( 1938 )

Di bawah ini lagu-lagu dari W.R. Soepratman, jika tidak ada lagunya klik saja judulnya maka akan masuk ke partitur lagu itu. Di sana ada lirik, chords, notasi angka, notasi balok dan audio. Singkatnya lebih lengkap.

Jika ada liriknya artinya lagu itu belum ada notasi angkanya atau notasi baloknya.


Lagu Indonesia Raya ( 3 Stanza )

Lagu ini merupakan Lagu Kebangsaan Indonesia.


Lagu Ibu Kita Kartini

Lagu ini menceritakan tentang pahlawan wanita yang bernama Raden Ajeng Kartini dengan cita-citanya menjunjung tinggi harkat derajat wanita, yang lebih dikenal dengan emansipasi wanita.


Lagu Pahlawan Merdeka

Lagu ini menceritakan pahlawan yang gugur di medan perang. Walau telah mati namun mereka dikenang /dikenal oleh penerus bangsa. Nama yang harum mewangi tersebar di seluruh negeri.


Lagu Di Timur Matahari

Lagu ini menceritakan tentang siap-siap mengatur barisan. Meskipun liriknya tidak menceritakan secara detail tentang baris ini, namun kita bisa memaknai bahwa mengatur barisan di sini artinya bersiap-siap perang melawan penjajah.


Matahari Terbit

Lagu ini ini menceritakan tentang agar bangsa Indonesia segera bangkit dan jangan berdiam diri. Boleh dibilang lagu ini merupakan pengingat dan pemberi semangat bagi rakyat pada saat itu. Karena lagu ini beliau dicekal oleh pemerintah Belanda.



Indonesia Ibuku


Indonesia tanah airku

Terimalah salam putramu

Dengan tulus dan ikhlas hatiku

Setia menjunjung derajatmu


Hai ibuku yang amat mulia

Dengarkanlah kita berkata

Siang dan malam kita bekerja

Bagi Indonesia mulia


Marilah hai kawan semua

Menghormati tanah dan bangsa

Dengan hati yang amat besarnya

Supaya mulia di dunia


Sekian kumpulan lagu ciptaan W.R. Soepratman, jika saya menemukan lagi lagu ciptaan beliau kelak akan ditambahkan di sini.

Semoga postingan ini bermanfaat.