Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Marendeng Marampa / Tondok Kadadingku

Not angka lagu Tondok Kadadingku atau not angka lagu Marendang Marampa dan not balok lagu Marendeng Marampa disertai chords dan audio untuk mendengar melodi lagunya. Juga ada lirik Marendeng Marampa dan terjemahannya.

Lagu Tondok Kadadingku atau Marendang Marampa berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya Tana Toraja. Lagu ini tidak diketahui penciptanya.

Sebelumnya saya menulis lagu ini dari Sulawesi Tengah sesuai buku lagu yang saya miliki, ternyata lagu ini berasal dari Toraja dan Toraja merupakan sebuah kabupaten dari Sulawesi Selatan. Dalam video di bawah ini masih tercantum Sulawesi Tengah, nanti akan saya edit.

Kita lihat notasi angkanya.


not angka lagu marendeng marampa lagu daerah sulawesi selatan


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Bagi anak sekolah yang membutuhkan partitur di atas, silakan beritahu saya melalui kontak di bagian samping bawah, saya akan kirim notasi angka melalui email.

Jika ada salah pemenggalan kata atau salah pengetikan kata harap maklum. Pasalnya bahasa daerah cenderung sulit bagi orang awam.

Not balok tidak disertakan, jika butuh not baloknya silakan minta melalui formulir kontak. Partitur yang bagusnya tidak di-upload karena berat saat loading halaman.

Jika ingin mendengar melodi lagunya, silakan klik video di bawah ini.



Lagu Daerah Sulawesi Selatan lainnya yang terkenal ( silakan pilih dan klik )

Pakarena

Anging Mamiri

Ammac Ciang

Alosi Ripolo Dua

Ma Rencong Rencong

Anak Kukang


Pada video di atas ada notasi chords, gunanya untuk mencocokkan chords dengan lagu tersebut. Jika ada chord yang tidak cocok, silakan diganti saja. Namun semua chords pada kumpulan lagu daerah di sini sudah saya coba semuanya. Hasilnya semua chords masuk ( tidak ada yang fals ). Namun jika anda ingin merubahnya, tinggal dirubah saja karena chords memang tidak mutlak.

Sebenarnya chord itu bisa dirubah dengan menggunakan chords substitusi dan ditambah jembatan chord sehingga menjadi bervariasi. Dalam lagu-lagu daerah saya kadang menyisipkan jembatan chord dan juga menggunakan chords substitusi, namun tidak semua lagu.

Bagi anda yang belum tahu, buka saja postingan yang berjudul Chord Substitusi dan Jembatan Chord. Kedua postingan itu berada dalam kategori Chords yang berada di samping kiri halaman ini.


Lirik dan terjemahannya Lagu Marendeng Marampa.

Marendeng marampa kadadianku

Dio padang digente Toraya lebukan Sulawesi

Mellombok membuntu mentanetena

Nakabu uma sia palak nasakkai Salu Sa'dan


Kami sang Torayan

Umba umba padang ki olai

Maparri masussa kirampoi

Tang ki pomabanda penawa

Ya mo passanan tengko ki

Umpasundun rongkokan


Aman tentram kelahiranku

Di tanah yang disebut Toraja di Pulau Sulawesi

Dari lembah, perbukitan hingga gunungnya

Terhampar sawah dan kebun yang sejuk, dialiri Sungai Sa’dan.


Kami seluruh orang Toraja

Dimana pun tanah yang kami tuju

Susah dan derita kami hadapi

Takkan menyurutkan semangat kami

Karena sudah menjadi beban hidup kami

Untuk meraih kesempurnaan hidup kami.


Sebuah ciri khas dari Toraja adalah teriakan gembala kerbau. Di youtube bisa anda dengar teriakan itu dalam video original - penyanyi Dian Ekawaty.

Jika dalam lagu daerah ada perbedaan notasi atau perbedaan lirik, itu hal wajar, pasalnya lagu daerah seringkali memiliki beberapa versi. Partitur di atas mengikuti notasi yang sering dinyanyikan oleh banyak orang.

Semoga anda menyukai lagu ini.


Tag.

Not angka lagu Marendeng Marampa C = Do, Not angka lagu Marendeng Marampa pianika, Not angka lagu Marendeng Marampa recorder, Not lagu Marendeng Marampa, Not balok lagu Marendeng Marampa, notasi lagu Marendeng Marampa, chord lagu Marendeng Marampa, Terjemahan lagu Marendeng Marampa, Arti lagu Marendeng Marampa, Makna lagu Marendeng Marampa.