Not Angka Tokecang

Not angka lagu Tokecang dan not balok lagu Tokecang dilengkapi chords dan audio untuk mendengar melodi lagunya. Juga ada lirik lagu Tokecang dan terjemahannya.

Tokecang adalah sebuah lagu dari Jawa Barat. Nama penciptanya tidak diketahui.  Dalam lagu ini saya tidak sepenuhnya mengikuti notasi yang ada pada buku, saya cenderung mengikuti notasi yang ada di youtube. Jadi bila ada perbedaan dengan notasi orang lain, harap dimaklum. 
Baiklah kita lihat notasi angkanya di bawah ini.


not angka lagu tokecang


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Bagi anak sekolah yang membutuhkan partitur di atas, silakan beritahu saya melalui kontak di bagian samping bawah, saya akan kirim notasi angka melalui email.
Jika ada salah pemenggalan kata atau salah pengetikan kata harap maklum. Pasalnya bahasa daerah cenderung sulit bagi orang awam.

Dalam notasi baloknya seperti di bawah ini.


not balok lagu tokecang

  
Silakan anda dengar melodi lagunya, klik video di bawah ini



Dalam video di atas terdapat notasi chords, gunanya untuk mencocokkan chords dengan lagu tersebut.  Jika ada akor yang tidak cocok, silakan diganti saja. Semua chords pada kumpulan lagu daerah di sini sudah dicoba semuanya.  Hasilnya semua chords masuk ( tidak ada yang fals ). Namun jika anda ingin merubahnya, tinggal dirubah saja karena chords sifatnya tidak mutlak. Maksudnya tidak harus begitu, bisa diganti dengan variasi lain.
Sesungguhnya chord itu bisa dirubah dengan menggunakan chords substitusi dan ditambah jembatan chord agar bervariasi. Di blog ini ( lagu daerah ) saya  kadangkala  menyisipkan jembatan chord dan juga menggunakan chords substitusi, namun tidak semua lagu.
Bagi anda yang belum tahu chords tersebut dan ingin tahu, silakan  buka postingan berjudul Chord Substitusi dan Jembatan Chord.



Di sini lirik dan terjemahan lagu  Tokecang.

Tokecang, tokecang bala gendir tosblong
Angeun kacang, angeun kacang sapariuk kosong
Aya listrik di masigit
Meuni caang katinggalna
Aya istri jangkung alit
Karangan dina pipina
Tokecang, tokecang bala gendir tosblong
Angeun kacang, angeun kacang sapariuk kosong.

Tokecang, tokecang bala gendir tosblong
Sayur kacang, sayur kacang saru periuk kosong.
Ada listrik ( lampu ) di Mesjid
Sangat terang kelihatannya
Ada wanita tinggi kecil
Ada tahi lalat di pipinya
Tokecang, tokecang bala gendir tosblong.
Sayur kacang, sayur kacang satu periuk kosong.


Koreksi,  lagu Tokecang pada kalimat pertama
"Tokecang, Tokecang bala gendir tosblong"

Dalam Bahasa Sunda kata bala gendir ini tidak punya arti yang relevan dengan Tokecang dan tosblong. Jadi kalimat pertama itu menjadi tidak bisa diartikan karena ada salah cetak pada buku lagu. Seharusnya kalimat pertama lagu Tokecang adalah
"Tokecang, Tokecang maling kendil tosblong"

Tokecang bukan kepanjangan dari Toke makan kacang, Tokecang adalah nama sebutan. Di dalam tradisi Sunda ( orang tua jaman dulu ) seringkali memanggil orang dengan sebutan. Contohnya si borokokok,  konar, dan lainnya.
Semoga anda menyukai lagu ini.

Belum ada Komentar untuk "Not Angka Tokecang"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel