Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Lir Ilir

Not angka lagu Lir Ilir dan not balok lagu Lir Ilir disertai chords / akor dan audio untuk mendengar melodi lagunya. Juga ada terjemahannya.

Lagu Lir Ilir berasal dari Jawa Tengah diciptakan oleh Sunan Kalijaga - salah seorang dari Wali Songo. Ini termasuk lagu langka karena penciptanya adalah salah seorang Wali.

Terjemahan lagu ini tidak saya sertakan karena lagu ini memiliki arti filosofis (sulit diartikan). jika kita hanya membaca terjemahannya, kita tetap tidak akan mengerti maksud dari lagu itu.

Notasi lagu ini saya dapat dari buku, saya tidak merubah notasinya. Biasanya saya suka merubah notasi dari buku disesuaikan dengan video yang ada di youtube.

Baiklah kita lihat notasi angkanya.


not angka lagu lir ilir lagu daerah jawa tengah


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Bagi anak sekolah yang membutuhkan partitur di atas, silakan beritahu saya melalui kontak di bagian samping bawah, saya akan kirim notasi angka melalui email.

Jika ada salah pemenggalan kata atau salah pengetikan kata harap maklum. Pasalnya bahasa daerah cenderung sulit bagi orang awam.

Not balok tidak disertakan, jika butuh not baloknya silakan minta melalui formulir kontak. Partitur yang bagusnya tidak di-upload karena berat saat loading halaman.

Jika ingin mendengar melodi lagunya, silakan klik video di bawah ini.



Lagu Daerah Jawa Tengah lainnya yang terkenal ( silakan pilih dan klik )

Ande Ande Lumut

Jaranan

Dondong Opo salak

Padhang Wulan

Gek Kepriye

Prau Layar


Pada video di atas terdapat notasi chords, berguna untuk mencocokkan chords dengan lagu tersebut. Kalau ada chord / akor yang tidak cocok, silakan diganti saja. Namun semua chords pada kumpulan lagu daerah didalam blog ini sudah saya coba semuanya ( not baloknya ). Hasilnya semua chords masuk ( tidak ada yang fals ). Jika anda ingin merubahnya, tinggal dirubah saja karena chords memang tidak mutlak.

Sebenarnya chord itu bisa dirubah dengan menggunakan chords substitusi dan diberi jembatan chord sehingga menjadi bervariasi. Dalam lagu-lagu daerah saya kadang menyisipkan jembatan chord dan juga menggunakan chords substitusi, namun tidak semua lagu.

Bagi anda yang belum tahu, buka saja postingan yang berjudul Chord Substitusi dan Jembatan Chord.


Terjemahan lagu Lir ilir

Lir ilir lir ilir tandure wis sumilir

Tak ijo royo royo tak sengguh temanten anyar

Cah angon cah angon penekno blimbing kuwi

Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro


Bangunlah bangunlah tanaman sudah bersemi

Menghijau bagaikan pengantin baru

anak gembala anak gembala panjat pohon belimbing itu

Walau licin panjat untuk membersihkan pakaianmu


Dodotiro dodotiro kumitir bedah ing pinggir

Dondomono jlumotono kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rebulanne

Mumpung jembar kalanganne

Yo surako surak iyo


Pakaianmu pakaianmu terkoyak di bagian pinggir

jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore

Mumpung bersinar terang bulannya

Mumpung banyak waktu luang

Ayo bersorak, sorak iya.


Terjemahan di atas tidak 100% betul, namun secara garis besar artinya seperti itu.

Jika ada yang berbeda notasi atau lirik dengan partitur di atas, artinya ada versi lain. Lagu daerah seringkali tidak sama / tidak seragam baik dalam hal lirik maupun notasi. Namun umumnya perbedaan itu tidak banyak

Semoga anda menyukai lagu ini.


Tag.

Not angka lagu Lir Ilir C = Do, Not angka lagu Lir Ilir pianika, Not angka lagu Lir Ilir recorder, Not lagu Lir Ilir, Not balok lagu Lir Ilir, notasi lagu Lir Ilir, chord lagu Lir Ilir, Terjemahan lagu Lir Ilir, Arti lagu Lir Ilir, Makna lagu Lir Ilir.

Posting Komentar untuk "Not Angka Lir Ilir"